Paes Go Sebagai Aplikasi Paes Pengantin Solo Putri

Ade Novi Nurul Ihsani(1), Maria Krisnawati(2), Eny Widya Agustin(3), Tri Septiningsih(4), Siska Apriliya(5), Citra Eka Lesatari(6),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(6) 

Abstract

Pembuatan paes pengantin solo putri mempunyai tingkat kesulitan tersendiri bagi perias pemula. Untuk membuat itu diperlukan ketekunan dan ketelitian sehingga mendapatkan hasil yang proporsional dengan bentuk wajah pengantin wanita. Biometrik face recognition dapat membantu perias pemula membuat paes pengantin solo yang proporsional, cepat dan rapi. Makalah ini menjelaskan sistem biometric face recognition dalam membuat paes pengantin solo dengan tujuan mengurangi tingkat kesalahan membuat paes pengantin solo bagi perias pemula. Fitur ini menggunakan smartphone sebagai alatnya. Bentuk paes yang proporsional didapatkan dengan menggabungkan skor pencocokan biometric dari beberapa bentuk wajah yang disesuaikan berdasarkan golden proportion wajah. Dari fitur ini didapatkan ukuran paes yang disarankan untuk masing-masing orang. Ditinjau dari isi materi, kelengkapan komposisi aplikasi, dan kejelasan berada pada kategori baik. Sedangkan jika ditinjau dari aspek penampilan, warna, dan kemudahan pemakaian aplikasi paes go memperoleh kategori sangat baik.

Keywords

Paes Pengantin Solo, face recognition, smartphone

Full Text:

PDF

References

Ade Novi, N. I., Wulansari, P., & Maria, K. (2018). The application of welat latino for creating paes in solo wedding bride. In AIP Conference Proceedings 1941, 020010 (2018) (Vol. 020010). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/1.5028068

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction. New York: Longman.

Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. (2015). Computers in human behavior enhancing students ’ learning process through interactive digital media : new opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51, 652–663. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.048

Kaya, K. S., Türk, B., Cankaya, M., Seyhun, N., & Berna Uslu Cos¸kun. (2018). Assessment of facial analysis measurements by golden. Brazilian Journal of OTORHINOLARYNGOLOGY, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.bjorl.2018.07.009

Lonn, S., Radevaa, P., & Dimiccoli, M. (2019). Smartphone picture organization: a hierarchical approach. Computer Vision and Image Understanding. https://doi.org/10.1016/j.cviu.2019.07.009

Mary L Courage. (2019). Interactive technologies : tablets , smartphones , and learning. Reference Module in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23561-X

Mayer, R. E. (2020). Where is the learning in mobile technologies for learning ? Contemporary Educational Psychology, 60, 101824. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101824

Nobre, J. N. P., Vinolas, B., Santos, J. N., Santos, L. R., Pereira, L., Guedes, C., … Morais, D. S. (2019). Quality of interactive media use in early childhood and child development : a multicriteria analysis. Jornal de Pediatria, (xx). https://doi.org/10.1016/j.jped.2018.11.015

Oktianingsih, Y. (2019). Media pembelajaran berbasis android. Retrieved February 20, 2020, from https://jatengpos.co.id/media-pembelajaran-berbasis-android/

Tennent, B., Windeknecht, K., & Kehoe, J. (2004). Refereed paper Teaching with technology : value-added innovation or necessity ? Campus-Wide Information Systems, 21(4), 144–150. https://doi.org/10.1108/10650740410555016

Willett, H. G., & Willett, H. G. (2002). Not one or the other but both : hybrid course delivery using WebCT. The Electronic Library, 20(5), 413–419. https://doi.org/10.1108/02640470210447847

Winskel, H., Kim, T.-H., Kardash, L., & Belic, I. (2019). Heliyon smartphone use and study behavior : A Korean and Australian comparison. Heliyon, 5(July), e02158. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.