Abstract

Latar Belakang: Angka kecelakaan tertinggi yaitu di ruas tol Semarang-Batang dengan total 201 kejadian kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kejadian kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Ruas Batang-Semarang berdasarkan karakteristik faktor penyebab kecelakaan tahun 2019.


Metode: Penelitian deskriptif metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu Manajer Layanan Lalin & Operasional Jalan Tol, Supervisi Patrol, dan Petugas Rescue dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen lembar checklist dan panduan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil: Kecelakaan lalu lintas per bulan cenderung fluktuatif dan kecelakaan tertinggi terjadi bulan Desember 2019 yaitu 23 kasus kecelakaan (10,17%). Kecelakaan ganda 115 kasus kecelakaan (50,88%). Kendaraan minibus 152 kasus kecelakaan (41,7%). Luka ringan 256 orang. Hari Kerja 179 kasus kecelakaan (79,20%). Waktu kecelakaan Pukul 00.00-06.00 102 kasus kecelakaan (45,13%). Lokasi kecelakaan lalu lintas tertinggi terjadi pada KM 366-376 lajur A 39 dan B 31. Faktor pengemudi 203 kasus kecelakaan (89,82%). Mengantuk 124 kasus kecelakaan (61,08%). Ban pecah yaitu 18 kasus kecelakaan (85,71%). Genangan air sebanyak 2 kasus kecelakaan.


Simpulan: Gambaran kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan tol ruas batang-semarang berdasarkan karakteristik faktor penyebab kecelakaan tahun 2019 sudah cukup lengkap.