Abstract

Latar Belakang: Masa nifas merupakan masa setelah proses persalinan yang paling berisiko bagi ibu dan bayi karena masih dalam masa pemulihan. Ibu nifas memerlukan pelayanan kesehatan yang bermutu untuk memantau kesehatan ibu. Mutu pelayanan kesehatan nifas terlihat dari angka kunjungan ibu nifas ke fasilitas kesehatan sesuai standar yaitu 3 kali kunjungan. Puskesmas Karangdoro Semarang pada tahun 2019 memiliki angka kunjungan nifas yaitu sebesar 95,84% dimana angka tersebut masih dibawah target (100%). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan postnatal care terhadap kepuasan ibu nifas di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Metode: Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini diukur menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimesi aspek fisik (p=0,003), reliabilitas (p=0,003), interaksi personal (p=0,000), pemecahan masalah (p=0,015), dan kebijakan (p=0,001) dengan kepuasan ibu nifas. Kesimpulan: Semakin baik mutu postnatal care, semakin baik tingkat kepuasan ibu nifas. Semua aspek mutu perlu ditingkatkan agar mutu semakin baik.