Abstract

Latar Belakang : Kunjungan bayi lahir stunting merupakan uoaya preventif yang dilakukan oleh Puskesmas di Kabupaten Rembang kepada anak berusia 0-2 tahun dengan panjang lahir laki-laki <48 cm dan perempuan <47 cm. Kepuasan pasien di pengaruhi oleh dimensi kepuasan yakni reability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness. Selain itu, karakteristik pasien juga menentukan bagaimana tingkat kepuasan seseorang terhadap pelayanan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana analisis karakteristik dan kepuasan pasien terhadap pelayanan kunjungan bayi lahirstunting di Puskesmas se-Kecematan Rembang. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampelĀ  adalah pasien berjumlah 60 responden di Puskesmas Rembang 1 dan Puskesmas Rembang 2 Kecamatan Rembang. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut perhitungan chi square dimensi kepuasan pasien reability, assurance, tangible, emphaty, dan responsivenesss, jenis kelamin , dan status BBLR memiliki p value kurang dari 0,001 sehingga ada hubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Sedangkan variabel karakteristik pendidikan ibu memiliki p value >0,05 sehingga tidak ada hubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan : kepuasan pasien berhubungan dengan dimensi kepuasan, jenis kelamin, dan status berat bayi lahir rendah dan tidak berhubungan dengan tingkat pendidikan ibu.