Abstract

Latar Belakang: Word Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa dunia dalam keadaan darurat global akibat mewabahnya COVID-19 sejak Januari 2020. Virus corona dapat menular kepada semua orang termasuk bayi, anak-anak. Bulan Juli 2020 Kabupaten Demak masuk dalam zona merah COVID-19. Jumlah kasus COVID-19 terkonfirmasi di Kabupaten Demak pertanggal 15 Juli 2020 berjumlah 679 kasus dan 116 meninggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Gajah.


Metode: Jenis penelitian ini observasinal analitik dengan rancangan penelitian cross sectional, dengan subjek penelitian siswa kelas lima Sekolah Dasar Kecamatan Gajah. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan PHBS, tingkat sikap PHBS, tingkat pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19, tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19, dan fasilitas sanitasi lingkungan sekolah. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah tindakan pencegahan penularan COVID-19. Teknik pengambilan sampel menerapkan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik chi square.


Hasil: terdapat hubungan tingkat pengetahuan PHBS p value 0,005, Tingkat sikap PHBS p value 0,044, Tingkat Pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19 p value 0,001, tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19 p value 0,019 dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19. Variabel fasilitas sanitasi lingkungan tidak berhubungan dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19 di sekolah.


Kesimpulan: kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan tingkat pengetahuan PHBS, tingkat sikap PHBS, tingkat pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19,dan tingkat sikap Protokol Kesehatan COVID-19 dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19. Dan Variabel fasilitas sanitasi lingkungan tidak berhubungan dengan tindakan pencegahan penularan COVID-19.