Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa FIK UNNES Dalam Membaca Label Informasi Nilai Gizi
Abstract
Latar Belakang : Badan Perlindungan Konsumen Indonesia, menyatakan bahwa kesadaran masyarakat dalam memperhatikan komposisi dan membaca label informasi nilai gizi pada pangan masih sangat rendah yaitu hanya 6,7% dan meningkat menjadi 7,9% (BPKN Depdag RI, 2013). Sedangkan membiasakan membaca label informasi gizi termasuk kedalam salah satu dari 13 pesan umum gizi seimbang yang harusnya dilakukan oleh konsumen, dimana hal ini nantinya akan berdampak pada status gizi nya (Nurhasanah, 2013).Tujuan penelitian : Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa FIK UNNES dalam membaca label informasi nilai gizi. Metode : Jenis penelitian yaitu obsevasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa fik unnes angkatan 2017-2018 yang berjumlah 100 responden dengan metode penarikan sampel yaitu rumus slovin dan multistage sampling. Hasil penelitian: Menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku membaca label informasi gizi dengan jenis kelamin (p-value: 0,006), program studi (p-value: 0,001), tingkat pengetahuan (p-value: 0,005) dan sikap (p-value: 0,000). Kesimpulan : Ada hubungan signifikan antara jenis kelamin, program studi, tingkat pengetahuan, dan sikap dengan perilaku membaca label informasi nilai gizi. Sehingga perlu diberikan materi tambahan terkait pentingnya membaca label informasi nilai gizi pada mata kuliah yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan.
Kata Kunci : Label informasi nilai gizi, Perilaku, Program Studi, Sikap