Abstract

Latar Belakang: ASI Eksklusif adalah Air Susu Ibu yang diberikan kepada bayi sampai bayi berusia 6 bulan tanpa diberikan makanan dan minuman, kecuali obat dan vitamin. Capaian pemberian ASI Eksklusif di Posyandu adalah 50% dari 80% target Progam ASI Eksklusif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui sejauhmana pelaksanaan Progam ASI Eksklusif di Posyandu Nusa Indah.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berfokus pada pelaksanaan program ASI Eksklusif di Posyandu Nusa Indah. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program ASI Eksklusif di Posyandu Nusa Indah belum maksimal, dikarenakan SDM yang kurang dan pelatihan konselor tidak diadakan secara rutin, kurangnya sarana dan prasarana, kegiatan yang dilakukan belum optimal dikarenakan pemberdayaan petugas kurang dan informasi yang tidak merata.


Kesimpulan: Pelaksanaan program ASI Eksklusif di Posyandu Nusa Indah V belum berjalan dengan maksimal, saran untuk posyandu yaitu dengan penambahan petugas program ASI Eksklusif, melengkapi sarana prasarana, adanya penyuluhan dan konseling, dan dapat membentuk kelompok pendukung ASI agar cakupan ASI Eksklusif dapat meningkat.