Abstract

Latar Belakang: Salah satu pelayanan kesehatan yang utama di rumah sakit adalah pelayanan keperawatan. Baik atau buruknya pelayanan yang diberikan akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Rekap keluhan terkait ketidakpuasan pasien RSUD Tugurejo Semarang tahun 2020 sebagian besar pada bidang keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat. Metode:  Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode total sampling yaitu sejumlah 70 perawat, instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan teknik  pengambilan data dengan metode online dan offline. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021. Hasil: Hasil uji statistik uji Chi-Square menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kinerja perawat adalah motivasi (p=0,014), gaya kepemimpinan demokrasi (p=0,013), komitmen organisasi (p=0,002), beban kerja pada masa pandemi Covid-19 (p=0,003) dan  kecemasan pada masa pandemi Covid-19 (p=0,030) dengan kinerja perawat. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi, gaya kepemimpinan demokratis, komitmen organisasi, beban kerja pada masa pandemi Covid-19 dan kecemasan pada masa pandemi Covid-19. Saran perlunya dorongan berupa motivasi kenaikan jabatan dan kesempatan kepada anggota perawat untuk menjadi pemimpin.