Abstract

Latar Belakang: Pada 2020 Puskesmas Lerep mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien dari 40.598 menjadi 25.019. Dalam tiga tahun terakhir terjadi penurunan jumlah pasien pada tahun 2018 sebesar 40.598. Menurunnya jumlah kunjungan pasien pada pertengahan tahun 2019 hingga tahun 2020 disebabkan adanya pandemi Covid-19 dan faktor lainnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Lerep.
Metode: Penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian sebanyak 110 responden diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis hasil penelitin menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel waktu tunggu (p= 0,223), lingkungan puskesmas (p= 0,127), dan pelayanan perawat (p= 0,938) memiliki nilai <0,05 yang berarti tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan. Sedangkan, variabel empati (p = 0,008); pelayanan dan pendaftaran (p = 0,0001); akses informasi (p = 0,0001); dan pelayanan selama pandemi (p = 0,001) terdapat hubungan bermakna antara variabel tersebut dengan kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan dasar.
Kesimpulan: berhubungan dengan kepuasan pasien yaitu empati, pelayanan dan pendaftaran, akses informasi, pelayanan selama pandemi