EKSISTENSI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI TENGAH PERSAINGAN DENGAN PASAR MODERN DI KOTA KUDUS
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan Setelah adanya Pembangunan Pasar Modern “Swalayan Ramayana” di dekat Pasar Tradisional “Pasar Tradisional”, Hal ini menjadikan Pasar Kliwon merasa Tersaingi setelah adanya Pembangunan Pasar Modern, Sehingga para Pedagang Pasar Tradisional “Pasar Kliwon” memiliki Strategi-strategi dalam menghadapi Persaingan dengan Pasar Modern “Swalayan Ramayana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) Adanya Swalayam Ramayana menunjukan adanya interaksi kondisi sosioal pedagang Pasar Kliwon secara negatif, yaitu munculnya permasalahan sosial-ekonomi, hal ini mengakibatkan menurunnya pengunjung Pasar Kliwon. (2) pengelola pasar melakukan pembenahan prasarana dan sarana setelah Pasar Kliwon terbakar dan menjadikan ramai pengunjung, hal ini dapat meningkatkan perekonomian pedagang Pasar Kliwon. (3) Memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen pasar dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dan konsumen akan merasa puas sehingga akan berbelanja kembali ke Pasar Kliwon.
This article aimsThe modern market "Ramayana” was built near traditional market “Kliwon” as competitor, as a consequence the traditionalmarkettrader tried to implement some strategies. The objectives of this study were: (1) determine thesocialconditionof Kliwonmarkettradersamong theexistence of Ramayana. (2) determine the socio-economicimpacttoward Kliwon traditional markettraderswithexistence of Ramayana. (3) determine strategy of traditionalmarkettraders in Kliwon market to compete withmodern marketRamayana.This study used qualitative methods, data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The study result showed that: (1) there was negative interaction on the socialcondition ofKliwontraders because of the existence of Ramayana in Kudus, as a consequence there weresocio-economic problems causingthevisitors ofmarketKliwon keep decreasing. (2) the manager of Kliwon market need to improve the market’s infrastructure after being burned to increase the visitor in order to increase the economy condition of Kliwon markettraders. (3) Providegood service to satisfy the customers in order toincrease the number of market visitors, so the visitor will come back again.