Perlindungan Hukum Pada Produk Bolu Kopi Dan Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lobang

Main Article Content

Delia Pangesti
Muhamad Syahrul Apriliyanto
Khasanah S. L.
Harry Nugroho
Dewi Sulistianingsih

Abstract

Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk kepedulian perguruan tinggi untuk ikut berkiprah dalam pemberdayaaan masyarakat dalam bentuk pendampingan. KKN dimaksudkan untuk meningkatkan atau mengembangkan sumberdaya manusia dan lingkungan yang ada di desa dengan dilandasi oleh nilai-nilai budaya yang akan memanfaatkan potensi lokal. Melalui program KKN ini diharapkan dapat mewujudkan desa mandiri. Dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Lobang Kecamatan Limpung Kabupaten Batang sebagai mitra maka Tim KKN UNNES melakukan langkah-langkah rencana kegiatan untuk membantu menyelesaikan permasalahan terkait dengan inovasi pengolahan Kopi. Kegiatan pelatihan membuat bolu kopi dimulai dengan mengundang kelompok Ibu PKK dan Wanita Tani sebagai sasaran utama. Harapannya agar mereka mempunyai bekal dalam mengolah bubuk kopi yang memang menjadi potensi unggulan di Desa Lobang.
Kata Kunci : Bolu Kopi, Peningkatan Ekonomi, Desa Lobang

Article Details

How to Cite
Pangesti, Delia, Muhamad Apriliyanto, Khasanah L., Harry Nugroho, and Dewi Sulistianingsih. 2021. “Perlindungan Hukum Pada Produk Bolu Kopi Dan Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lobang”. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) 3 (2), 237 -43. https://doi.org/10.15294/jphi.v3i2.35547.
Section
ARTICLE

References

Arliman, L. (2017). Perlindungan hukum UMKM dari eksploitasi ekonomi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387-402.
Sri Winasih. 2018. Roasting Coffe Sebagai Produk Unggulan Desa Seloprojo dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Magelang. Unnes.
Sulistianingsih, D. (2019). Penanaman Jiwa Kewirausahaan Bagi Santri. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(1), 30-38.
Susanti, Y., & Patonah, R. (2020). Peran Perempuan Terhadap Penguatan Ekonomi Keluarga Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(2), 107-114.