Inovasi Pengelolaan Jagung Dalam Pembuatan Mie Dan Puding Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Rowosari

Main Article Content

Aprianah Aprianah
Nova Dwi Candra Septiani
Fajar Sodik
Inayah Maghfirotul
Oka Ryan Hidayat

Abstract

Abstrak
Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Desa Rowosari memiliki potensi alam berupa jagung yang melimpah. Hasil panen jagun hanya dijual dalam bentuk basah dan kering saja tidak ada pengolaha agar menjadi produk baru. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya inovasi produk sebagai upaya pemanfaatan potensi alam desa rowosari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan berupa cara mengolah jagung menjadi produk kekinian, sehat dan bernilai jual tinggi. Pelatihan ini bertempat di Balai desa rowosari dan dilakukan secara bertahap yaitu pada tanggal 12 Oktober 2019 diadakan pelatihan membuat mie jagun lalu pada tanggal 26 Oktober 2019 diadakan pelatihan membuat puding sedot (PUDOT). kegiatan ini melibatkan Ibu PKK, Ibu Kader, dan masyarakat umum biasa yang ada di desa Rowosari. Metode yang digunakan adalah penyuluhan interaktif dan pendampingan/konsultasi dengan tahapan pra kegiatan, pelaksanaan dan evaluasi pengetahua. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan cara mengolah jagung menjadi produk kekinian, sehat dan bernilai jual tinggi.
kata kunci: inovasi, mie jagung, pudot jagung, perekonomian masyarakat desa rowosari

Article Details

How to Cite
Aprianah, Aprianah, Nova Dwi Septiani, Fajar Sodik, Inayah Maghfirotul, and Oka Hidayat. 2021. “Inovasi Pengelolaan Jagung Dalam Pembuatan Mie Dan Puding Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Rowosari”. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) 3 (2), 244 -51. https://doi.org/10.15294/jphi.v3i2.35548.
Section
ARTICLE

References

Auliah, A. (2013). Formulasi kombinasi tepung sagu dan jagung pada pembuatan mie. CHEMICA, 13(2), 33-38.
Maryam, D. N. H. S. S. (2019). Berwirausaha Sebagai Upaya Untuk Penguatan Ekonomi Keluarga. Al-'Adalah: Jurnal Syariah dan Hukum Islam, 4(1), 74-85.
Resmisari, A. (2006). Tepung Jagung Komposit, Pembuatan dan Pengolahannya. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen Pengembangan Pertanian (pp. 462-473).
Rahayu, A. B., & Budi, A. (2006). Pembangunan perekonomian nasional melalui pemberdayaan masyarakat desa. Iskandar Institute.