KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KOMPRESOR

Main Article Content

Sigit Widigdo Prayogo
Basyirun -
Winarno Dwi Rahardjo

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan media animasi macromedia flash. Metode yang dipakai dalam penelitian ini kuantitatif jenis randomized control group pretest-posttest design. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Peneliti mengambil 40 mahasiswa dari 86 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pompa dan kompresor, dari masing-masing kelas diambil 20 mahasiswa secara acak untuk dijadikan sebagai sampel kelompok kendali dan diambil 20 mahasiswa secara acak sebagai kelompok eksperimen. Diperoleh suatu kesimpulan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kendali terdapat perbedaan hasil belajar, maka H_0 ditolak dan H_a (dugaan ada peningkatan hasil belajar menggunakan media animasi macromedia flash dalam materi kompresor pada mahasiswa pendidikan teknik mesin) terbukti.

This study aims to determine the effectiveness of the learning achievement improvement by using macromedia flash animation media. The method used in this study a quantitative, type of randomized control group pretest-posttest design. Samples were determined randomly. Researchers took 40 students from 86 students who take courses in pumps and compressors, each class of 20 students drawn randomly to fix as a sample control group and 20 students were randomly drawn as the experimental group. In conclusion, between the experimental and control group there are differences in learning outcomes, then it is rejected and Ha H0 (there is an increase in learning outcomes using macromedia flash animation media in compressor materials in mechanical engineering education student) is proved.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman, J. 2007. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Semarang pada mata Diklat Teori Audio Video Pkok Bahasan Resistor. UNNES: Skripsi
Arikunto, S. 2005. Manajemen penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta
. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hadi, W. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Pada Kompetensi Sistem Pengapian Antara Menggunakan Metode Ceramah Konvensional Dengan Metode Ceramah berbantuan Animasi Di SMKN 1 Petarukan. Unnes: Skripsi
Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N, dan Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugandi, A. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT Unnes Press