KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SHOCK ABSORBER DENGAN PENERAPAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI

Main Article Content

Nuryo Permono
Samsudi -
Karsono -

Abstract

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperoleh  informasi  mengenai  keefektifan  pembelajaran  shock absorber  dengan  penerapan  media  animasi  dua  dimensi.  Penelitian  menggunakan  pendekatan eksperimen  semu  dengan  desain  random,  pretest,  posttest.  Penentuan  sampel  menggunakan  teknik random  sampling.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  metode  tes  dan  dokumentasi  dan  analisis data  dilakukan  dengan  uji-t.  Data  hasil  pretest  kelas  kontrol  memiliki  rata-rata  18,69  dan  kelas eksperimen  18,61.  Data  hasil  posttest  kelas  eksperimen  memiliki  rata-rata  26,25  dan  kelas  kontrol 23,92.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  shock  absorber  lebih  efektif  dengan penerapan  media  animasi  dua  dimensi  dibandingkan  media  tekstual  terkomputerisasi.  Besar keefektifan  pembelajaran  shock  absorber  dengan  penerapan  media  animasi  dua  dimensi  yaitu  7,64 atau  sekitar  41,1%.  Ada  baiknya  sekolah  tempat  penelitian,  mengadakan  pelatihan  pembuatan media  animasi.  Guru  diharapkan  dapat  menerapkan  media  animasi  dua  dimensi,  karena penerapan  media  ini  terbukti  lebih  efektif  untuk  digunakan  dalam  pembelajaran  khususnya pembelajaran shock absorber.

Abstract

This  research  was  aimed to get  information about  efectivity  of shock  absorber  learning  with  aplication of 2D animation. Experimental quotion and random, pretest, posttest design was used to be the research method. The sample has been decided with random sampling technic. Documentation and test method was used to get data, then  the  data  of  research  have  been  analyze  with  t-test.  Pretest  data  of  control  class  had  mean  18,69  and experiment  class  had  mean  18,61.  Posttest  data  of  experiment  class  had  mean  26,25  and  control  class  had mean  23,92.  Result  of  research  showed  that  shock  absorber  learning,  is  more  effective  with  aplication  of  2D animation media than computerized text media. Large of effectivity shock absorber learning with aplication of 2D animation media is 7,64 or about 41,1%. There is better if the school wich has been the place of research, held training  to create  animation media.  The  teacher  should  be  apply  the  2D animation media,  because  this media has proved more effective to used in learning, especially shock absorber learning.

Article Details

Section
Articles