PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA INJEKSI TIPE VE DISTRIBUTOR BERBASIS FLASH PLAYER

Main Article Content

Donny Irawan
Budiarso Eko
Winarno Dwi Raharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran flash player pompa injeksi tipe VE distributor  yang telah dikembangkan Mengembangkan perangkat pembelajaran dapat mengoptimalkan kemampuan siswa sehingga mempermudah dalam pemahaman dan mendapatkan pengetahuan yang baik tentang sistem bahan bakar khususnya pompa injeksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media flash player yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian diuji cobakan kepada guru dan siswa. Hasil respon guru terhadap media flash player adalah 169 dengan 4 guru sebagai responden. Data tersebut kemudian dirata-rata dan diperoleh skor 42,25 dengan kategori respon guru “baikâ€. Hasil respon siswa terhadap media flash player adalah 1299 dengan 29 siswa sebagai responden, dari data tersebut kemudian dirata-rata dan diperoleh skor 44,79 dengan kategori respon siswa “baikâ€. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan kepada guru dan siswa dapat diketahui bahwa media pembelajaran flash player pompa injeksi tipe VE distributor mendapatkan respon positif dengan kategori “baikâ€, sehingga media pembelajaran tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran di MAN Kendal.

Article Details

Section
Articles

References

Aji, Pram Satyo dan Suparman. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Internet pada Mata Pelajaran TIK terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA N 6 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika. Edisi 1: 1-4.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Some, I Made; Asri Arbie dan Citron S. Payu. 2013. Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan 2013. Halaman 1-14.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutomo dan Titi Prihatin. 2007. Menejemen Sekolah. Semarang: UNNES PRESS.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.