PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dan setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.
Article Details
Proposed Creative Commons Copyright Notices
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kusari & Wahyudi, 2011. Penerapan Peraga Berbasis Light Emiting Diode Pada Pembelajaran Cara Kerja Motor Starter Tipe Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1: 21-24
Mujianto & Suwahyo. 2011. Penerapan Peraga Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Kompetensi Elektrik Power Steering Pada Mahasiswa D3 Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.2:72-75
Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya
Nopilar, Aris & Danang Dwi Saputro. 2011. Penerapan Panel Peraga Sistem Pengapian Dalam Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1:1-4
Nursamsudin, M. Burhan Rubai Wijaya & Rahmat Doni Widodo. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10.1:36-42
Rifai, Achmad R.C. & Catharina Tri Anni. 2011, Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Sugandi, Achmad & Haryanto. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet