KINERJA SEKOLAH DIPREDIKSI DARI BIAYA PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PERAN KOMITE SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung biaya pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah, dan iklim sekolah secara parsial terhadap mutu lulusan, dan pengaruh tidak langsung melalui mutu proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto dengan sampel 28 SMA Negeri yang dipilih menggunakan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial biaya pendidikan, iklim sekolah, peran komite sekolah, dan mutu proses berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu lulusan. (2) Kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap mutu lulusan. (3) Biaya pendidikan dan iklim sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu proses. (4) Mutu proses dapat memediasi biaya pendidikan dan iklim sekolah terhadap mutu lulusan secara parsial, dan tidak dapat memediasi kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap mutu lulusan. Kesimpulan dalam penelitian menunjukan bahwa mutu prosesĀ hanya berperan sebagai mediator pada biaya pendidikan dan iklim sekolah.