PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa yang dimediasi oleh pengetahuan investasi dan manfaat investasi. Populasi penelitian sebanyak 858 diambil dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling sebanyak 273 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi, (2) pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi, (3) manfaat investasi berpengaruh terhadap minat investasi, (4) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap pengetahuan investasi, (5) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap manfaat investasi, (6) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi melalui pengetahuan dan manfaat investasi. Simpulan penelitian adalah pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa. Pengetahuan investasi dan manfaat investasi mampu memediasi pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa hendaknya lebih mempelajari cara berinvestasi yang tepat agar nantinya mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi. Mahasiswa hendaknya lebih mengoptimalkan sarana yang dimiliki fakultas berupa Galeri Investasi sebagai sumber belajar dan wawasan mengenai investasi.