KEEFEKTIFAN MODEL PERKULIAHAN DARING DALAM PERKULIAHAN EKONOMI MAKRO BERMUATAN PLURALISME
Main Article Content
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi juga mempengaruhi model pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan. Bagaimana setiap orang dapat belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, tidak dibatasi jarak dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran daring atau Online Learning Model (OLM) dengan memanfaatkan aplikasi sosial media berbasis internnet dan telepon seluler sebagai sarananya. Model pembelajaran daring ini sekaligus digunakan untuk meningkatkan keefektifan perkuliahan Ekonomi Makro bermuatan pluralisme. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang mengambil mata kuliah Ekonomi Makro. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) OLM efektif digunakan dalam perkuliahan Ekonomi Makro bermuatan pluralisme; (2) model pembelajaran juga mampu meningkatkan penyerapan mahasiswa terhadap materi pembelajaran lebih dari 80% dibandingkan jika hanya memanfaatkan sistem konvensional yaitu tatap muka saja; (3) hasil kuesioner juga memperlihatkan bahwa mahasiswa merasa mendapatkan pengalaman baru belajar melalui OLM dan lebih menantang jika dibandingkan dengan belajar konvensional.