Pengaruh Kemudahan Belanja Online dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan belanja online dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif pada Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sejumlah 706 yang terdiri dari kelas XI dan XII siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sejumlah 256 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert empat poin. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Analisis dilakukan dengan Uji T. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemudahan belanja online (0,353) dan pengendalian diri (0,601) tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif karena kedua variabel menunjukkan nilai Sig > 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,04%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pengetahuan mengenai pengaruh kemudahan belanja online dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif.