Dampak Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, penggunaan media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Grobogan yang mendapatkan mapel peminatan ekonomi berjumlah 72 siswa dan menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 2) penggunaan media pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 3) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi.