Pengaruh Smartphone Addiction dan Keaktifan Berorganisasi melalui Manajemen Waktu sebagai Variabel Intervening terhadap Motivasi Belajar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh smartphone addiction dan keaktifan berorganisasi terhadap motivasi belajar melalui manajemen waktu. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang tahun 2020 berjumlah 163 mahasiswa dan sampel sebanyak 116 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis statistik deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian yaitu uji parsial (uji t), uji analisis jalur (path analysis) dan uji sobel (sobel test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) smartphone tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, 2) keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu berpengaruh secara signifikan terrhadap motivasi belajar, 3) smartphone dan keaktifan berorganisasi berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen waktu, 4) manajemen waktu tidak dapat memediasi pengaruh smartphone dan keaktifan berorganisasi terhadap motivasi belajar.