KESALAHAN MENULIS HIRAGANA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK (SMA Negeri 1 Purwareja KlampokのXIの言語のクラスの学生のひらがなを書く誤用)

  • Widiasih Tri Hapsari Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kesalahan, menulis hiragana

Abstract

Hiragana menjadi salah satu huruf yang dipelajari oleh pembelajar di awal pembelajaran bahasa Jepang. Bentuk karakter-karakter hiragana yang rumit, sulit untuk dihafal oleh pembelajar karena banyaknya huruf dalam hiragana yang harus dipahami menjadi salah satu alasan pembelajar merasa sulit sehingga banyak pembelajar mengalami kesalahan dalam penulisan hiragana. Adanya kemiripan huruf satu dengan yang lain serta kaidah penulisan yang harus dipahami semakin membuat pembelajar enggan untuk mempelajari apalagi memperdalam penguasaan tentang hiragana tersebut. Oleh karena itu, masih banyak kesalahan dalam menulis hiragana. Itulah yang melatar belakangi penelitian mengenai “Kesalahan Menulis Hiragana Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan menulis hiragana yang dilakukan siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan menulis hiragana.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hayashi, Ooki dkk. 1990. Nihongo Kyouiku Handobukku. Tokyo: Taishukan Shoten

Sudjianto, A Dahidi. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Widiyanti, Neni. 2005. Belajar Bahasa Jepang Dengan Mudah.Yogyakarta: Media Abadi

Section
Articles