ANALISIS VERBA NORU, NOBORU, DAN AGARU

  • benny bakri

Abstract

Pengajaran bahasa Jepang di lembaga pendidikan menengah saat ini dilaksanakan dengan berbagai strategi dan metode. Pemilihan media pembelajaran yang tepat merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh pengajar bahasa Jepang. Dalam pembelajaran bahasa jepang khususnya pada huruf hiragana, terdapat berbagai permasalahan dan kendala. Permasalahan dan kendala juga dialami oleh kelas X SMA Negeri 1 Limbangan. Banyak siswa yang mengeluh dan merasa kesulitan dalam mempelajari huruf hiragana karena sedikitnya waktu dan banyaknya materi bahasa Jepang. Media pembelajaran yang tepat dan efisien sangat dibutuhkan agar membantu siswa dalam mempelajari huruf hiragana. Oleh karena itu, penulis menggunakan media game quiz OnlineNihongo untuk meningkatkan penguasaan huruf hiragana.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan, menjabarkan dari pemanfaatan media pembelajaran game quiz OnlineNihongo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3. Data diperoleh dengan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh data hasil dari pemanfaatan media pembelajaran game quiz OnlineNihongo. Data non tes dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, penelitian pendahuluan, dokumentasi.

 

Japanese language teaching in secondary education institutions are currently implemented with a variety of strategies and methods. Selection of appropriate learning media is one of the things that need to be prepared by a Japanese language teacher. In Japanese language learning, especially in hiragana, there are many problems and obstacles. Problems and constraints experienced by the class X SMA Negeri 1 Limbangan. Many students complain and find it difficult to learn hiragana since at least the time and the number of Japanese language materials. Media precise and efficient learning is needed in order to assist students in learning hiragana. Therefore, the authors use the media quiz games OnlineNihongo to improve the mastery of hiragana.
This research is a qualitative descriptive study with the aim to describe, describe the utilization of instructional media OnlineNihongo quiz game. The sample in this research is class X3. Data obtained with the instrument test and non-test. Test instruments used to obtain data on the results of the use of instructional media OnlineNihongo quiz game. Non-test data in this study were collected by observation, preliminary research, documentation.

Published
2014-11-19
Section
Articles