ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PBJ UNNES DALAM MENGERJAKAN SOAL CHOUKAI N3

  • Wulan Nusanita Primawida Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
  • Setiani Wardhaningtyas Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
  • Silvia Nurhayati Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Keywords: kesulitan, soal choukai N3, mahasiswa PBJ UNNES

Abstract

UniversitasNegeri Semarang memiliki program studi Pendidikan Bahasa Jepang dan menyediakanmata kuliah menyimak, salah satunya yaitu choukai.Salah satu target yang diharapkan dapat dicapai dari mata kuliah ini adalahdapat lulus ujian kemampuan bahasa Jepang (NihongoNouryokushiken). Untuk dapat mencapai kelulusan pada Nihongo Nouryokushiken tersebut, materi yang  disampaikan di kelas disediakan berjenjangsesuai dengan tingkatan mahasiswa. Untuk angkatan 2012 yaitu mahasiswa semester6, latihan soal yang diberikan di kelas setara dengan soal-soal dalam NihongoNouryokushiken N3 maupun N2.Karenapenelitian ini menitikberatkan kesulitan NihongoNouryokushiken pada choukai, makasebelumnya peneliti melakukan 3 studi pendahuluan untuk menguatkan penelitianperlu dilakukan. Dari studi pendahuluan yang peneliti lakukan, sebagian besarresponden yaitu 58 mahasiswa PBJ UNNES angkatan 2012 yang mengikuti N3 diJogjakarta pada tanggal 7 Desember 2014 merasa kesulitan pada materi dokkai. Meskipun begitu setelah dilihatdari hasil tes keseluruhan responden diketahui hampir setengahnya memperolehskor choukai dibawah 30. Dan dari latihan soal choukai N3 diketahui masih adaresponden yang skornya dibawah 50%. Hal ini dapat dijadikan indikasi bahwamahasiswa masih mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal choukai N3.Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalampenelitian ini sampel yang diteliti adalah mahasiswa PBJ UNNES angkatan 2012yang mengikuti N3 di Jogjakarta pada tanggal 7 Desember 2014. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis datadalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase.Berdasarkanpembahasan dan interpretasi data diketahui faktor-faktor yang mempengaruhikegiatan menyimak yang pertama yaitu faktor psikologis, pengalaman, motivasi,lingkungan fisik. Sedangkan kesulitan mahasiswa PBJ UNNES angkatan 2012 dalammengerjakan choukai N3 dari kelima jenis soal choukai Nihongo Nouryokushiken, kesulitan yang paling banyakdialami responden adalah jenis soal kadairikai(課題ç†è§£ï¼‰, dan gaiyou rikai(概è¦ç†è§£ï¼‰.

Author Biographies

Wulan Nusanita Primawida, Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Setiani Wardhaningtyas, Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Silvia Nurhayati, Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ishida Toshiko. 1995. NihongokyÅjuhÅ. Tokyo :TaishÅ«kanShoten.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mimi kara Oboeru NohongoNouryokushiken Choukai Toreeningu N3.アルク

Nugroho, Putra Adhi. 2013. Analisis Kesulitan Perkuliahan Choukai Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Masri, Singarimbun. Dkk. 1995.MetodePenelitian Survey.Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Ratri, Azmita Diana. 2014. Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mengerjakan Soal Dokkai N3. Universitas Negeri Semarang.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI PRESS.

Tarigan, Prof.Dr. Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Prof.Dr.Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Japan Foundation. 2009. Kiku Koto wo Oshieru. Japan: Hitsuji.

www.jlpt.jp/e/guideline/testsections.html.com/ diakses pada tanggal 16 Januari 2015.

www.nihongoichiban.com/home/jlpt-study-material.com diakses pada tanggal 16 Januari 2015.

www.pendidikanbahasajepang-unnes.com diaksespadatanggal 16 Januari 2015.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Japanese_Language_Proficiency_Test.comdiaksespadatang gal 24 April 2015.

Section
Articles