PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BATIK KERTAS SEMEN UNTUK TEMPAT TISU DAN PIGURA FOTO BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN
PDF

Keywords

paper bags of cement
learning
batik bags of cement
cement bags batik application

Abstract

Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung  wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.Produk yang dihasilkan berupa tempat tisu dan pigura foto dengan kategori hasil baik, cukup, dan kurang. Nilai rata-rata dari 32 siswa pada pengamatan terfokus 1 mencapai 76,9 dengan kategori  cukup. Sedangkan, pengamatan terfokus 2 produk yang dihasilkan tempat tisu dan pigura foto dengan kategori sangat baik, baik, dan cukup dengan nilai rata-rata 82,1 dengan kategori baik. Saran bagi guru yakni guru perlu lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran agar siswa lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran seni rupa, khususnya pembelajaran seni batik.
https://doi.org/10.15294/eduart.v3i1.4050
PDF

References

Anni, Chartarina Tri dan RC Achmad Rifa’i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, S, Abdul Jabar, C.S. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzuri. 1985. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan

Hidayah, Nurul. 2011. “Upaya Meningkatkan kemampuan Membatik Cap Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bandung dengan Menggunakan Media Cap Sederhanaâ€.

Skripsi. FPBS Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Universitas Pendidikan Indonesia. Available at http://reposistory.upi.edu/operator/upload/s_sdt_0700382_bab_ii.pdf (acceced 11/12/2013,21.54 am)

Ismiyanto, PC., S. 2003. Metode Penelitian. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

-------------. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran Seni. Jurusan Seni Rupa. FBS UNNES.

-------------. 2008. â€Kurikulum dan Buku Teks Pendidikan Seni Rupaâ€. GBPP-Silabus, RPP, dan Handout Jurusan Seni Rupa FBS Unnes. Jurusan Seni Rupa

-------------. 2009. Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. Jurusan Seni Rupa. FBS UNNES

Irfandi, M. 2012. “Batik Kantong Semen: Studi Di Industri Batik Harris Riadi Kota Pekalonganâ€.

Skripsi. Jurusan Seni Rupa. FBS UNNES

Koentjaraningrat. 1985. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia

Kurniawati, Dwi. 2011. “Pembelajaran Seni Rupa di SD : Studi Eksploratif Pemanfaatan Grajen Warna Sebagai Media pengembangan Kreatifitas Dalam Berkarya Seni Membentuk Bagi Siswa Kelas 5 SD N Jepon Bloraâ€. Skripsi. Jurusan Seni Rupa. FBS UNNES.

Milles, Mattew.B dan Hubberman A Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif. UI Press. Jakarta.

Prasetyo, A. 2010. Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia. Yogyakarta: Pura Pustaka

Rondhi dan Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa I. Semarang: Jurusan seni Rupa. FBS UNNES

Saputro, Wiko. 2010. Industri Kreatif. Jakarta: Baduose Media

Sobandi, B. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Aryo. 2009. Bahan Ajar Seni Rupa. Buku Ajar Tertulis. UNNES.

Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Universitas Negeri Semarang

-------. 2008. Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Utomo, Budi. 2008. Bahan Ajar Seni Rupa I. Buku Ajar Tertulis. UNNES

http://putracenter.net/2013/03/17/definisi-industri-kreatif/), diunduh 17/12/2013 pukul 23.47 WIB