Analisis Indikasi Sinyal Kedip Pada LCP Dalam Sistem Persinyalan VPI

Main Article Content

Alda Meilani
Vera Noviana Sulistyawan
Ilham Maolana

Abstract

Perkembangan transportasi mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, Kereta api merupakan transportasi darat yang mengalami kemajuan pesat dari tahun ke tahun. Dalam pengoperasian kereta api tidak dipungkiri adanya gangguan diantaranya yaitu pada sistem persinyalan sering terjadi gangguan indikasi sinyal kedip di LCP (Local Control Panel), hal itu dapat menggangu pengoperasian kereta api jika tidak segera diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah penyebab indikasi sinyal kedip pada LCP (Local  Control Panel). Metode penelitian dengan melakukan observasi yaitu pengamatan objek atau pengumpulan data - data secara langsung dilapangan, kemudian dengan studi pustaka yaitu membaca dan memahami literatur yang berkaitan dengan penelitian, metode yang ketiga yaitu dengan melakukan wawancara atau interview dengan satu pihak yaitu tanya jawab lisan mengenai penelitian yang dilakukan. Terdapat beberapa kondisi pada main aspect sinyal yang menyebabkan terjadinya indikasi sinyal kedip pada LCP (Local Control Panel). Oleh Karena itu untuk meminimalisir gangguan tersebut maka dilakukan analisis penyebab terjadinya indikasi sinyal kedip pada LCP sehingga  menggetahui solusi yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisi yang terjadi dilapangan.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, R., & Arianto, L. (2015). Rancang Bangun Sistem Pengendalian Listrik Ruangan Dengan Menggunakan Atmega 328 Dan Sms Gateway Sebagai Media Informasi. 7.
H. Abdurrahmat Fathoni. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. 149.
Ilham Maolana (2022). Peraga sinyal elektrik dalam persinyalan vpi. [PowerPoint Presentation]
Darmawan et al (2017). Peningkatan Keamanan Perjalanan Kereta Api Dengan Penggunaan Sistem Axle Counter Dan Media Transmisi Fiber Optik Untuk Hubungan Blok Dipersinyalan VPI (Studi Kasus Hubungan Blok Stasiun Surodadi - Pemalang ). Jurnal Perkeretaapian Indonesia Volume I Nomor 1 Maret.16-17.
Perawati, P. (2017). Mikrokontroler Atmega8535 Sebagai Pengendali Illuminasi Lampu Penerangan. Jurnal Ampere, 1(2), 41. https://doi.org/10.31851/ampere.v1i2.900
Program Studi Teknik Elektro, U. M. A. (2021). Sejarah Dan Cara Kerja Transformator. Https://Elektro.Uma.Ac.Id/. https://elektro.uma.ac.id/2021/03/20/pengertian-sejarah-dan-cara-kerja-transformator/
Sayuri et al. (2017). Perancangan Sistem Persinyalan Elektrik Di Stasiun Berbasis PLC Omron CP1E-E30SDR-A. 1(1210622001). http://repository.unmuhjember.ac.id/415/%0Ahttp://repository.unmuhjember.ac.id/415/1/Jurnal.pdf
Sriastuti, D. A. N. (2015). Kereta Api Pilihan Utama Sebagai Moda Alternatif. Paduraksa, 4(1), 26–34.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Andriana et al. (2021) Sistem Pendeteksian Kerusakan Lampu Sinyal Pada Stasiun Kereta Api Dengan Metode Predictive Maintenance. 18(2), 49–56