IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PATEBON

  • Astrilia Sarasati Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Harlanu Universitas Negeri Semarang
  • Sutarno Sutarno Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel, mengetahui peningkatan sikap belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group pretest-postest. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner, dan lembar tes pretest posttest. Dari hasil analisis data, didapat hasil motivasi pada kelas eksperimen meningkat dari 43,55 menjadi 78,22, besarnya peningkatan diperoleh dari uji gain yaitu 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan hasil sikap belajar kelas eksperimen memperoleh rata-rata 48,75 menjadi 73,12 untuk besarnya peningkatan sikap diperoleh dari uji gain yaitu 0,48 dengan kategori sedang. pada nilai rata-rata test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 82,13 dan kelas kontrol sebesar 76,22. Untuk meningkatan hasil belajar kognitif siswa dilihat dari uji gain. Dari uji gain pada kelas eksperimen peningkatan hasil belajar kognitif berkategori sedang. persentase skor pada aspek psikomotorik kelas eksperimen sebesar 80,31% sedangkan kelas kontrol 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model student facilitator and explaining mampu meningkatkan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon. Saran berdasarkan keberhasilan pencapaian dari penerapan model student facilitator and explaining dalam proses pembelajaran ddapat dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan pembelajaran disekolah dan kepada peneliti berikutnya untuk lebih mengembangkan dan mengeksplorasikan kembali penerapan model student facilitator and explaining pada proses pembelajaran berikutnya.  

References

Aziz, Abdul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi Vol. 6 No.1.Universita Muhammadiyah Purworejo. [diakses: Agustus 2016]

Hake, R. R. 1998. Interactive-engangement VS Traditional methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American jurnal of physics, 66(1) :64-80.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, Anni. 2012. Psikologi Pendidikan Smarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3.

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta RajagrafindoPersada.

-----------. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Wiratningsih, Ayu. 2014. Pengaruh Student Facilitator an Explaining Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Gugus IGusti Ngurah Rai. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Vol 2 No:1). [diakses: Januari 2016].

Published
2018-01-11
How to Cite
Sarasati, A., Harlanu, M., & Sutarno, S. (2018). IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PATEBON. Edu Komputika Journal, 3(2), 37. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v3i2.12083