Tutorial Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi

  • Hana Nur Annisa Universitas Negeri Semarang
  • Slamet Seno Adi Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Harlanu Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kurangnya aktivitas belajar siswa merupakan salah satu masalah di dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran modern merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya penggunaan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran menggunakan model Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran TIK serta mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one shot case study. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu pembuatan produk dan uji coba produk. Tahap pembuatan produk terdiri dari observasi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Tahap uji coba dilakukan dengan cara mengimplementasikan media pada kelompok eksperimen dan selanjutnya menganalisis hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan ahli media dan materi, media pembelajaran tersebut masuk ke dalam kriteria sangat layak. Multimedia interaktif ini diimplementasikan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Semarang. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,3 denganĀ  nilai tertinggi 92,5 dan nilai terendah 60 serta ketuntasan klasikal siswa sebesar 67,74%. Diharapkan guru menggunakan media pembelajaran yang dibuat dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Published
2018-03-23
How to Cite
Annisa, H., Adi, S., & Harlanu, M. (2018). Tutorial Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi. Edu Komputika Journal, 4(2), 6. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v4i2.13892