Pemahaman Konsep Pemrograman Melalui Modul Problem Based Learning
Abstract
Pemahaman konsep pemrograman berorientasi objek adalah kemampuan untuk menerjemahkan atau menangkap maksud dari konsep pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa dikatakan telah memahami konsep pemrograman jika mereka dapat menerapkan logika berfikir yang telah mereka pahami dalam kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul PBO berbasis PBL pada pemahaman konsep pemrograman dan tingkat pengaruh penggunaan modul PBO berbasis PBL terhadap pemahaman konsep pemrograman mahasiswa dalam Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe One - Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengampuh mata kuliah PBO sejumlah 20 mahasiswa. Instrument yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep dan angket respon mahasiswa yang dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Pertanyaan tes diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan menggunakan modul PBO berbasis PBL dan merujuk pada indikator pemahaman konsep sesuai dengan capaian mata kuliah. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,03 <0,05 maka H0 ditolak, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modul PBO terhadap pemahaman konsep pemrograman mahasiswa dengan besar pengaruh adalah 40,6%.
References
Ali, A., & Smith, D. (2014). Teaching an Introductory Programming Language in a General Education Course. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 13, 57–67. https://doi.org/http://www.jite.org/documents/Vol13/JITEv13IIPp057-067Ali0496.pdf
Cresswell, J. W. (2014). Research Design (Sage (ed.); Fourth Edi). Sage.
Daly, T. (2011). MINIMIZING TO MAXIMIZE : AN INITIAL ATTEMPT AT TEACHING INTRODUCTORY PROGRAMMING USING ALICE *. Journal of Computing Science in Colleges, 26(5), 23–30.
Eckerdal, A. (2006). Novice Students ’ Learning of Object-Oriented Programming. In Dissertation. Department of Information Technology, Uppsala University, Sweden.
Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2018). Analisis Kemampuan Mendeteksi Eror Kode Program Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 139–146. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p139
Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 67–76. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2582
Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi (II, 1st Pu). Andi.
Kelly, J. O., Mooney, A., Ghent, J., Gaughran, P., Dunne, S., & Bergin, S. (2004). An Overview of the Integration of Problem Based Learning into an existing Computer Science Programming Module An Overview of the Integration of Problem Based Learning into an existing Computer Science Programming Module. May 2014.
Khotim, H. N., Nurhayati, S., & Hadisaputro, S. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 4(2), 63–69.
Masruroh, A. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) UNTUK SISWA SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(1), 84. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pbsi/article/view/1565
Matanluk, O., Mohammad, B., Norizah, D., Kiflee, A., & Imbug, M. (2013). ScienceDirect The Effectiveness of Using Teaching Module Based on Radical Constructivism toward Students Learning Process. 6th International Conference on University Learning and Teaching (InCULT 2012), 90(InCULT 2012), 607–615. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.132
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muthmainah, Nurmiyati, & Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Topik Ekosistem terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 293–298.
Nuutila, E., Torma, S., & Malmi, L. (2005). PBL and Computer Programming — The Seven Steps Method with Adaptations. Computer Science Education, 15(2), 123–142. https://doi.org/10.1080/08993400500150788
Pratama, R. R., & Sani, R. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Adversity Quotient Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II Sma Negeri 4 Binja. Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(4), 18–21. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Psychology, F., Airlangga, U., & Java, E. (2019). Problem-Based Learning in Programming Lesson Achmad Aliyil Khakim Problem-Based Learning in Programming Lesson Introduction Indonesia has a 12-year compulsory education program , which means that every Indonesian. 229(Iciap 2018), 529–536.
Raharjo, B. (2012). Mudah Belajar Java (Informatika (ed.)). Informatika.
Ribeiro, A. L., & Bittencourt, R. (2018). A PBL-Based , Integrated Learning Experience of Object-Oriented Programming , Data Structures and Software Design. FIE 2018 - 48th Annual Frontiers In Education Conference, At San Jose, California, July. https://doi.org/10.1109/FIE.2018.8659261
Serevina, V., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning ( PBL ) on Heat and Temperature to Improve Student ’ s Science Process Skill. 17(3), 26–36.
Sugiyono. (2015). Penelitian, Statistika Untuk. Alfabeta.
Sutikno, S. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Alvabeta.
Wibowo, K. (2012). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php. Khatulistiwa Informatikaw, 3(2), 151–159. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
WICAKSONO, A. R., Widoretno, S., & Nurmiyati, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Research pada Pembelajaran Think Pair Share dan Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 60. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.3544
Yulia, P., Dewi, A., & Hengki, K. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. 1(1), 19–26.