Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Elektro UNNES Pada Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Kebijakan pemerintah Indonesia yang mengharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah menyebabkan perubahan model pembelajaran yang awalnya dari pembelajaran secara luring (tatap muka) menjadi model pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Hal ini turut merubah motivasi belajar serta aktivitas belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi belajar dan aktivitas belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang angkatan 2017, 2018, dan 2019 berjumlah 476 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik proportional random sampling, sehingga sampel berjumlah 222 mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, terdapat pengaruh antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, dan besar pengaruh dari motivasi belajar dan aktivitas belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang pada model pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 sebesar 87,41%.
References
Ali Sadikin, dkk. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Universitas Jambi. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759
Amin Kiswoyowati. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Edisi Khusus No.1. Universitas Pendidikan Indonesia. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/640
Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 SMP Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Ghazali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Hal 113.
https://scholar.google.co.id/citations?user=K8g3CywAAAAJ&hl=id
Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Jumarniati. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD, hal 43. Retrieved from https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/113
Sadikin, Ali, dkk. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, halaman 3. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta.
_______. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta.
Sukardi dan Muhammad Hudan Rahmat. (2019). Pencapaian Hasil Belajar Teori Kejuruan Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin: Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/27394
Uno. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya: Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya: Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.