Media E-Learning Bangun Ruang Sisi Datar: Kelayakan pada Pembelajaran Daring
Abstract
Media E-Learning Bangun Ruang Sisi Datar yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan melalui model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Media E-Learning yang diimplementasikan pada pembelajaran daring. Uji Ahli Media dilakukan oleh dua dosen yang mengajar media pembelajaran. Uji Ahli Materi dilakukan oleh dua dosen yang mengajar geometri. Uji pengguna siswa dilakukan dengan melihat respon siswa terhadap penggunaan Media E-Learning, sedangkan Uji Ahli Pengguna guru dilakukan dengan melihat respon guru saat menggunakan Media E-Learning. Data Uji Ahli Media dan Uji Ahli Materi dikumpulkan melalui lembar validasi, sedangkan data dari Uji Pengguna dikumpulkan melalui angket respon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validasi dari Uji Ahli Media pada aspek Interface sebesar 77,08%, Kualitas Teknis sebesar 79,17%, Penyajian dan Tata bahasa sebesar 79,17%, serta rata-rata keseluruhan sebesar 78,47% dengan kategori layak. Uji Ahli Materi pada aspek Kelayakan Penyajian sebesar 84,38%, Proses Pembelajaran sebesar 87,50%, Penilaian sebesar 81,25%, serta rata-rata keseluruhan sebesar 84,38% dengan kategori sangat layak. Skor rata-rata respon pengguna siswa dan guru masing-masing sebesar 3,27 dan 3,33 dengan kategori layak. Oleh karena itu, Media E-Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar layak digunakan dalam pembelajaran daring.
References
Booch, G. (2005). The Unified Modeling Language User Guide (2nd ed.). Addison-Wesley Professional.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Elraiss, Y. A. (2020). The Reality of Using E-learning Strategies to Improving the Learning of Mathematics for Undergraduate Students. International Journal of Higher Education, 10(3), 75. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n3p75
Ferdig, R. E., Baumgartner, E., Hartshorne, R., Kaplan-Rakowski, R., & Mouza, C. (2020). Teaching, Technology, and Teacher Education during the COVID-19 Pandemic: Stories from the Field. https://www.learntechlib.org/p/216903
Hamdan, A., Suswanto, H., Hidayat, W. N., & Kirana, K. C. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System. Edu Komputika Journal, 8(2), 110–118. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51442
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061
Irianti, N. P., & Wijaya, E. M. S. (2017). Pengembanagn Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 122. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1175
Jupri, A. (2018). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 303–314.
Lutfi, M. K., Juandi, D., & Jupri, A. (2021). Students’ ontogenic obstacle on the topic of triangle and quadrilateral. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012108
Lutfi, M. K., & Jupri, A. (2020). Analysis of junior high school students’ spatial ability based on Van Hiele’s level of geometrical thinking for the topic of triangle similarity. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032026
Lutfi, M. K., Kusumastuti, F. A., Rusmayati, M., & Wulansari, R. Ss. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Online. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 171–179.
Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 58–65. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716
Muqorobin, N., & Rais, A. R. (2021). Analisis Peran Teknologi Sistem Informasi Dalam Pembelajaran Kuliah Dimasa Pandemi Virus Corona. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers, November, 157–168.
Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer : Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta, 2013.
Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355
Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2021). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899
Suryadi, D. (2010). Metapedadidaktik dan didactical design research (DDR): sintesis hasil pemikiran berdasarkan lesson study. Bandung: FPMIPA UPI.
Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018). Desain Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 18–26. https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2731
Tika Nurmalatika. (2019). Edu Komputika Journal Implementasi Program Power Point Ispring Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus dan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tarongong Kidul Garut Irwanto. 6(2), 38–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom
Wahyudi, A., Agustin, R. D., & Ambarawati, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI GEOTRI PADA MATERI. 3(2), 62–70.
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Muthia, G. A. (2021). E-Learning Edmodo Dengan Model Pbl Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p22-29
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915