Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Media Sosial yang Berwawasan Lingkungan

  • Henny Prasetyani Universitas Ivet
  • Nely Zulfa Universitas Ivet
  • Muhammad Syifa Prasetyo Aziz Universitas Ivet
Keywords: Berwawasan Lingkungan, Blended Learning, Media Sosial

Abstract

Pembelajaran secara blended learning memiliki masalah yaitu ketika pembelajaran sedang berlangsung mahasiswa menyepelekan terutama ketika pelaksanaan yang dilakukan secara online dan kesadaran mahasiswa terhadap lingkungan sekitar masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran blended learning dengan memanfaatkan media sosial yang berwawasan lingkungan. Pengembangan ADDIE merupakan suatu model pengembangan yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang merupakan tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa instrumen yang terdiri dari instrumen media dan istrumen materi, kemudian dari hasil tersebut dilakukan analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh yaitu instrumen dari pengembangan model pembelajaran secara blended learning berbasis media sosial yang berwawasan lingkungan menunjukkan hasil valid dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Kemudian hasil  angket respon dari mahasiswa menunjukkan hasil sebesar 81,07% (masuk kategori sangat kuat). Sehingga model pembelajaran blended learning yang menggunakan aplikasi media sosial dengan konten yang berwawasan lingkungan bisa untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

References

Budiyono, F. (2020). Implementasi Blended Learning di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, September, 1–12.

Chen, B., & Bryer, T. (2012). Investigating instructional strategies for using social media in formal and informal learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 13(1), 87–104. https://doi.org/10.19173/irrodl.v13i1.1027

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.) (4th ed.). Harper Collins College Publishers.

Fadloli, M. (2019). The Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Pembelajaran Kimia yang Efektif. Chemistry in Education, 8(1), 7–12.

GrGurović, M. (2011). Blended Learning in an ESL Class: A Case Study. CALICO Journal, 29(1), 100–117.

Hamdan, A., Suswanto, H., Hidayat, W. N., & Kirana, K. C. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System. Edu Komputika Journal, 8(2), 110–118. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51442

Lijina, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran pada Materi Ekologi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–9.

Matukhin, D., & Zhitkova, E. (2015). Implementing Blended Learning Technology in Higher Professional Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), 183–188. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.051

Munarto, & Mulyani, M. (2016). Pengembangan Model Sinektik Terpimpin Berwawasan Lingkungan Menulis Puisi Dalam Pembentukan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(1), 12–20. file:///C:/Users/7/Downloads/12738-Article Text-25773-1-10-20160920.pdf

Muruganantham, G. (2015). Developing Of E-Content Package By Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52, p 52–54. http://www.allresearchjournal.com/vol1issue3/PartB/pdf/67.1.pdf

Nurgoho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.

Prasetyani, H., Zulfa, N., & Utami, N. F. (2022). Literature Review : Development of an Environmentally Insight through Social Media-based Blended Learning Models. Proceding The 2 International Conference Sociology, University Of Mataram, 422–432.

Riduwan. (2008). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.

Seinsiani, I. G., Widagdo, S., & Pratama, P. (2020). Optimalisasi Directory System sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Data Kerja Sama Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Edu Komputika Journal, 7(2), 70–74.

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052

Wijaya, H., & Arismunandar. (2018). The Development of STAD Type Cooperative Learning Model Based on Social Media. Jurnal Jaffray, Vol. 16(No. 2), 175–196.

Wulandari, R., Zufriady, & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Berwawasan Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 361–375.

Published
2022-12-31
How to Cite
Prasetyani, H., Zulfa, N., & Aziz, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Media Sosial yang Berwawasan Lingkungan. Edu Komputika Journal, 9(2), 114 - 121. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i2.61702