PENGELOLAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE SPIDER WEB (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM UNGARAN / SAUNG)

  • Ratna Dewi Susilawati Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Keywords: Planning Implementation Evaluation Thematic Curiculum of Learning

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kurikulum pembelajaran tematik dengan metode spider web yang dilaksanakan di Sekolah Alam Ungaran/SAUNG, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian kurikulum pembelajaran tematik dengan metode spider web. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, komite, dan orang tua siswa. Uji keabsahan data menggunakan teknik: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan prosedur: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kurikulum di SAUNG dikelola sesuai dengan fungsi-fungsi pengelolaan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Aspek-aspek perencanaan kurikulum meliputi pelaksanaan identifikasi kebutuhan kurikulum, perumusan kurikulum dan penetapan kurikulum.

 

Abstract

The purpose of this research are to determine and analyze thematic curriculum of learning by spider web method implemented in the Sekolah Alam Ungaran/SAUNG covering planning, implementing, and evaluating thematic curriculum of learning by spider web method. This method of this reaserch is qualitative by case study approach. Data collection techniques were used: interviews, observation, and study the document to the principal, teachers, committees, and parents. Test the validity of the data are using: triangulation of sources and triangulation of methods. While the analysis of the data using the procedure: data collection, data reduction, data presentation, and data verification.

Author Biography

Ratna Dewi Susilawati, Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suhartini. 1990. Organisasi dan Administrasi. Jakarta: CV Rajawali.

Beauchamp, G. 1968. Curriculum Theory. Wilmette, Illinois. Kagg Press.

Boone, Louis E, David L, Kurtz. 1984. Principles of Management. New York. Random House.

Bowo., dan Andi. 2007. Teori Kerjasama. http://al-bantany-112.blogspot.com/2009/11/kumpulan-teori-kerjasama.html. (diunduh 10 Januari 2013)

Coutts, S. 1999. Curricula Plan for Education. http://www.multiageeducation.com/russportofolio/curriculumtopics.curoverview.html (diunduh 10 Januari 2013)

Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. 2008. http://makalahkumakalahmu.net. (diunduh 12 Februari 2012)

Davis, Ralph. 1991. The Fundamental of Top Management. New York. Harper & Bross.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pelayanan Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur Balitbang.

Dwiantara, L dan Sumarto, R.H. 2004. Manajemen Logistik, Pedoman Praktis Bagi Sekertaris dan Staf Administrasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Engkoswara dan Komariah. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia. 2012. http://edukasi. kompas.com/ read/ 2012/11/27/15112050/Selasa, 27 November 2012 | 15:11 WIB. (diunduh 20 Februari 2013)

Sudjana, Nana. 2005. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung. Sinar Baru Algasindo.

How to Cite
Dewi Susilawati, R. (1). PENGELOLAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE SPIDER WEB (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM UNGARAN / SAUNG). Educational Management, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/1282
Section
Articles