PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS EVALUASI DIRI BAGI GURU SMA
Abstract
Pengembangan model supervisi akademik berbasis evaluasi diri bagi guru SMA dilatarbelakangi pola kepengawasan yang masih kurang efektif.Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis model faktual supervisi akademik; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis tahapan pengembangan model SABED; 3) Menguji dan menganalisis validitas dan reliabilitas model SABED; 4) Menguji dan menganalisis kefektifan model SABED; dan 5) membuat buku panduan SABED. Metode penelitian adalah Research and Development mengacu teori Samsudi yang dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi faktual pelaksanaan supervisi akademik masih kurang efektif, tidak terjadwal dan tidak ada tindak lanjut. Pengembangan supervisi akademik yang sesuai dengan kebutuhan guru SMA adalah supervisi akademik berbasis evaluasi diri yang melibatkan pengawas, kepala sekolah, dan guru SMA yang disupervisi mulai dari tahap perencanaan sampai tindak lanjut. Hasil uji keefektifan menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan guru SMA dalam mengajar sebelum perlakuan dan setelah perlakuan dengan taraf signifikan 0,012, sehingga pengembangan model SABED dinyatakan efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SMA. Panduan pengembangan model SABED dapat menjadi pedoman bagi pengawas dan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik dan guru SMA dapat menggunakan buku panduan untuk mengevaluasi diri dalam pengajaran dan untuk melengkapi dokumen pembelajaran.