EVALUASI PELAKSANAAN QUALITY MANAGEMENT SYSTEM MANAJEMEN BIDANG KESISWAAN DI SMK NEGERI 1 SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

  • Hanapi Atmaja Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Joko Widodo Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Khafid Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis 1) konteks 2) input, 3) proses, 4)  produk manajemen kesiswaan dalam pelaksanaan Quality Management System. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah  wawancara, observasi  dan dokumentasi. Informan berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada :1 ) Aspek konteks sesuai dengan kebijakan mutu Standar Nasional Pendidikan (SNP), melibatkan pemikiran dari komite sekolah, pasangan dunia industri, tokoh masyarakat sekitar sekolah dan orangtua siswa; 2) Aspek input sesuai standar mutu sarana prasarana, namun beberapa guru belum sarjana; 3) Aspek proses sudah baik, beberapa guru belum konsisten dalam pembinaan kesiswaan; 4) Aspek produk, prestasi akademik dan non akademik sudah baik. Kesimpulannya pelaksanaan Quality Management System manajemen bidang kesiswaan sesuai ISO 9001:2008 tetapi jumlah guru produktif kurang dan sarana prasarana cukup. Saran penelitian ini adalah merekrut guru produktif dan diikutkan diklat kompetensi keahlian serta pemenuhan sarana prasarana pendidikan. 

Published
2017-02-23
How to Cite
Atmaja, H., Widodo, J., & Khafid, M. (2017). EVALUASI PELAKSANAAN QUALITY MANAGEMENT SYSTEM MANAJEMEN BIDANG KESISWAAN DI SMK NEGERI 1 SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Educational Management, 5(1), 23-31. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12954
Section
Articles