PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN READING DI SMA NEGERI 1 JERUKLEGI CILACAP
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi pembelajaran reading di SMAN 1 Jeruklegi Cilacap nampak guru menggunakan metode ceramah, peserta didik pasif dan ketuntasan belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis model faktual pembelajaran reading, (2) mendesain model discovery learning, (3) menentukan kelayakan model discovery learning dan (4) mengevaluasi model hipotetik discovery learning. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) meliputi studi pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket, dan checklist. Teknik analisa data menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan pretest-posttest group design. Desain model divalidasi oleh ahli dan praktisi dengan teknik Delphi. Keefektivan model diuji t test dengan subjek yaitu peserta didik. Hasil penelitian nampak bahwa: (1) model faktual pembelajaran reading menggunakan model ekpositori, (2) desain model menggunakan discovery learning, (3) model hipotetik menggunakan discovery learning terintegrasi think group share dan (4) model discovery learning efektif terlihat dari respon baik dari guru dan peserta didik, pembelajaran aktif, nilai t hitung -5,646 < -t tabel -1,999, berarti keterampilan reading kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol