EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR EDUCATION PERSONNEL (PRODEP) SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS CIPP DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

  • Pius Thaal Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Titi Prihatin Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan ProDEP supervisi akademik di Kabupaten Timor Tengah Utara dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan metode kombinasi (mixed method). Sumber data diperoleh dari 7 orang pengawas, 30 Kepala SMP dan 64 orang guru. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, focus group discusion dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif persentase. Hasil temuan menunjukkan bahwa evaluasi tahap context, input dan product berada pada kategori sangat baik, dan evaluasi process berada pada kategori baik. ProDEP secara kontekstual memiliki relevansi dengan nilai budaya Dawan yang mampu mengangkat potensi dan mutu kelompok middle serta meningkatnya kompetensi dan kinerja pengawas, kepala sekolah dan guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah ProDEP supervisi akademik sebagai sebuah upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan kepada para guru, kepala sekolah dan pengawas perlu dilanjutkan pelaksanaannya.

Published
2017-02-23
How to Cite
Thaal, P., Prihatin, T., & Suminar, T. (2017). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR EDUCATION PERSONNEL (PRODEP) SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS CIPP DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Educational Management, 5(1), 64-73. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12958
Section
Articles