PELAKSANAAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WINONG PATI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran SDM dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam pelaksanaan bilingual boarding school MTs Negeri Winong Pati. Penelitian ini mengguakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus desain kasus tunggal terjalin (embeded). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik, sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan bilingual boarding school MTs Negeri Winong Pati meliputi perencanaan pelaksanaan bilingual boarding school sudah disusun dengan rapat dan semua pihak dilibatkan, akan tetapi perencanaan dalam menetapkan standar kualifikasi guru belum disusun, Pengelolaan pelaksanaan bilingual boarding school berkaitan dengan layanan pendidikan dan agenda rutin dalam proses pendampingan langsung oleh volunteer kurang optimal, Pelaksanaan bilingual boarding school dalam PBM dengan bilingual pada mata pelajaran bahasa inggris dan bahasa arab mencapai 50% dan mata pelajaran lainnya 25% hanya ditekankan pada greeting dan evaluasi dilakukan langsung oleh Waka bilingual terhadap guru dan disampaikan secara langsung atau melalui rapat. Disarankan pada madrasah agar lebih meningkatkan pengelolaan pelaksanaan bilingual boarding school sehingga dapat meningkatkan lulusan yang berkualitas dan menjadikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati yang unggul dengan memiliki SDM yang berkompetensi khususnya dalam bidang bilingual dan memiliki kemampuan mengajar yang sesuai dengan bidang masing-masing.