KOMPETENSI GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TARHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH LANJUTAN PERTAMA DI WILAYAH KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK

  • Khoiruman Soleh Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Agus Wahyudin Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • S.Martono S.Martono Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Guru sebagai agen pembelajaran merupakan ujung tombak yang berada pada barisan terdepan dalam pendidikan formal sehingga tidak mengherankan jika guru dijadikan pihak yang paling bertanggung jawab terkait dengan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dalam memediasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah tarhadap hasil belajar siswa pada sekolah lanjutan pertama di wilayah Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini sebesar 133 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan hasil belajar siswa ada pengaruh positif yang signifikan hal ini berimplikasi pada perlunya peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru yang dapat dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai workshop, seminar dan untuk peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru, memberikan kesempatan guru untuk studi lanjut kejenjang yang lebih tinggi, melaksanakan studi banding ke sekolah yang dianggap mempunyai kompetensi yang lebih tinggi.

Published
2017-02-23
How to Cite
Soleh, K., Wahyudin, A., & S.Martono, S. (2017). KOMPETENSI GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TARHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH LANJUTAN PERTAMA DI WILAYAH KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Educational Management, 5(1), 82-93. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12962
Section
Articles