PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA DAN STRES KERJA ATAS PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Pada SMK Se-Kabupaten Timor Tengah Utara)

  • Yanuarius Seran Fahik Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Wahyono Wahyono Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Amin Yusuf Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mediasi motivasi kerja dan stres kerja atas pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru serta menganalisis pengaruh langsung antar variabel eksogen terhadap variabel endogen. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (eksplanatory research). Penelitian ini dilakukan di 19 SMK baik Negeri maupun Swasta Se-Kabupaten Timor Tengah Utara – Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan guru sebagai subyek penelitian. Populasi penelitian sebanyak 402 orang, dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 174 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengukuran skala dengan menggunakan Skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Temuan hasil penelitian ini adalah supervisi akademik pengawas sekolah secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan stres kerja, namun tidak signifikan mempengaruhi motivasi kerja. Kepemimpinan kepala sekolah secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan motivasi kerja, namun tidak signifikan mempengaruhi stres kerja. Motivasi kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Stres kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, namun tidak signifikan mempengaruhi kinerja guru. Hasil pengaruh tidak langsung memberikan bukti bahwa motivasi kerja dan stres kerja tidak dapat menjadi variabel mediator untuk hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru tetapi dapat menjadi variabel mediator secara parsial untuk hubungan antara supervisi akademik pengawas sekolah dan kinerja guru.

Published
2017-02-23
How to Cite
Fahik, Y., Wahyono, W., & Yusuf, A. (2017). PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA DAN STRES KERJA ATAS PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Pada SMK Se-Kabupaten Timor Tengah Utara). Educational Management, 5(2), 163-175. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12974
Section
Articles