Pengembangan Model Supervisi Klinis Teknik Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Kabupaten Lombok Timur

  • Himdani Himdani Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Eko Pramono Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Awalya Awalya Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pengembangan model supervisi klinis teknik konseling kelompok dilatarbelakang kepengawasan yang selama ini belum oftimal karena jarak sekolah yang jauh, dan belum mampu mengembangkan potensi khas dan performance guru yang berkaitan dengan kreatif dan inovatif dalam membangun suasana pemberian layanan yang menarik. Pembinaan melalui supervisi klinis dapat berfungsi sebagai human resources devlopment bagi guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model supervisi klinis yang dilaksanakan selama ini dan menghasilkan model supervisi klinis teknik konseling kelompok, serta menguji dan menganalisis kelayakan model supervisi klinis teknik konseling kelompok pada guru BK Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yaitu dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), berpedoman pada langkah-langkah  Sugiyono dengan prosedur penelitian melalui  tiga tahap  yaitu: (1) Tahap studi pendahuluan, (2) tahap Pengembangan (3) Tahap ujicoba.Data penelitian pada tahap pendahuluan dikumpulkan dengan menggunakan wawancara,observasi, dan studi dokumentasi. Pada tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi. Tahap ujicoba dengan uji persepsi menggunakan lembar penilaian dengan skala likert yang diberikan pada calon pengguna model untuk mengetahui kelayakan model. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi klinis yang sesuai dengan kebutuhan guru BK SMA  adalah supervisi dengan teknik konseling kelompok  yang di mulai dari tahap perencanan, pertemuan awal, observasi mengunakan teknik konseling kelompok, pertemuan balikan dan tindak lanjut. Hasil uji persepsi menunjukan  kelayakan model supervisi klinis teknik konseling kelompok kategori tinggi. Disarankan model supervisi klinis teknik konseling kelompok dapat diuji coba lagi sampai pada model final sehingga dapat dilaksankan oleh supervisor, guru, Dinas Pendidikan dan untuk lebih mengembangkan lagi keterampilan mengajar yang lebih menarik dan menyenangkan di Kabupaten Lombok Timur.

Published
2017-08-12
How to Cite
Himdani, H., Pramono, S., & Awalya, A. (2017). Pengembangan Model Supervisi Klinis Teknik Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Kabupaten Lombok Timur. Educational Management, 6(1), 1-8. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/16457
Section
Articles