Pengembangan Model Supervisi Akademik dengan Mentoring Method dalam Pembelajaran yang Mendidik Pada SMK di Kabupaten Kupang
Abstract
Tujuan dari penelitan ini adalah Untuk menganalisis model faktual supervisi akademik yang selama ini digunakan pengawas di SMK di Kabupaten Kupang, mengembangkan desain model dengan menghasilkan model hipotetik supervisi akademik dengan mentoring method dan untuk mengetahui kelayakan model supervisi model supervisi akdademi dengan mentoring method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development), yang dibagi dalam tiga tahapan tahap studi pendahuluan, tahap pengemangan dan tahap evaluasi. Studi pendahuluan dengan pendekatan kualitaif. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi. Tahap evaluasi (uji persepsi) menggunkan angket penilain dengan teknik Delphi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi akademik selama ini kurang efektif. Supervisi yang dibutuhkan oleh guru adalah supervisi yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Supervisi yang melihat setiap perkembangan yang dilakukan oleh guru kearah yang lebih baik. Model dianggap valid oleh pekar dan praktisi dengan skor 58 dari skor maksimal 65 dengan predikat sangat baik serta hasil uji persepsi model dengan skor 70,5 dari skor tertinggi 75 dengan predikat sangat layak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisi akademik selamam ini belum dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Pengawas dan kepala sekolah disarankan dapat menggunakan model supervisi akademik dengan mentoring method untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru.Model ini hanya sampai pada tahap uji persepsi saja. Untuk mengetahui tingkat keefektifannya perlu dilakukan penelitian lanjutan.