Peningkatkan Mutu dan Profesionalisme Tenaga Pengajar di Akpelni Semarang Ditinjau dari Proses SDM
Abstract
Permaisalahan yang terjadi adalah belum terpenuhinya kualifikasi dari Renstra (Rencana Strategis) KEMENDIKBUD mengenai persentase dosen dan perbandingan antara dosen dengan mahasiswa yang belum sesuai. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan pengembangan dalam meningkatkan mutu dan profesionalisme tenaga pengajar di AKPELNI Semarang. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Belum ada pembentukan panitia rekrutmen, kendalanya berasal dari eksternal. Proses seleksi ada dua yaitu eksternal dan internal. Terdapat dua jenis pelatihan yakni eksternal dan internal, tahapan pelatihan eksternal yaitu penentuan kebutuhan pelatihan, penentuan sasaran pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelatihan dan dampak pelatihan. Proses pengembangan meliputi: sasaran, kurikulum, sarana, peserta, pelatih, dan pelaksanaan, minimnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat.