Peningkatkan Mutu dan Profesionalisme Tenaga Pengajar di Akpelni Semarang Ditinjau dari Proses SDM

  • Valen Octavia Pakpahan Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Haryono Haryono Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Amin Yusuf Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Permaisalahan yang terjadi adalah belum terpenuhinya kualifikasi dari Renstra (Rencana Strategis) KEMENDIKBUD mengenai persentase dosen dan perbandingan antara dosen dengan mahasiswa yang belum sesuai. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan pengembangan dalam meningkatkan mutu dan profesionalisme tenaga pengajar di AKPELNI Semarang. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Belum ada pembentukan panitia rekrutmen, kendalanya berasal dari eksternal. Proses seleksi ada dua yaitu eksternal dan internal. Terdapat dua jenis pelatihan yakni eksternal dan internal, tahapan pelatihan eksternal yaitu penentuan kebutuhan pelatihan, penentuan sasaran pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelatihan dan dampak pelatihan. Proses pengembangan meliputi:  sasaran, kurikulum, sarana, peserta, pelatih, dan pelaksanaan, minimnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Published
2017-08-12
How to Cite
Pakpahan, V., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Peningkatkan Mutu dan Profesionalisme Tenaga Pengajar di Akpelni Semarang Ditinjau dari Proses SDM. Educational Management, 6(1), 20-25. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/16459
Section
Articles