Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Nemarang
Abstract
Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasional dan internasional terus meningkat . Mendukung hal tersebut pentingnya siswa siswi untuk menguasai bahasa asing. Ekstrakurikuler bahasa Inggris merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadapĀ bahasa asing salah satunya bahasa Inggris. Demi tercapainya tujuan tersebut maka ekstrakurikuler bahasa Inggris perlu dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Semarang, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi dokumen. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris berbentuk fungsional dengan struktur lini. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris meliputi kegiatan rutin dan insidental. Evaluasi dilakukan selama proses kegiatan berlangsung.