Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti konkrit tentang pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan masyarakat dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian studi hipotesis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi Sekolah Dasar Kecamatan Bandungan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 1.829. Dengan rentang toleransi kekeliruan 5%, diperoleh ukuran sampel 328. Teknik sampling menggunakan single stage cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pola asuh orang tua memberikan pengaruh langsung secara signifikan sebesar 51% terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan masyarakat memberikan pengaruh langsung sebesar 14% terhadap hasil belajar siswa dan kedisiplinan belajar memberikan pengaruh langsung secara signifikan sebesar 47,7% terhadap hasil belajar siswa.
The purpose of this study is to obtain concrete evidence about the influence of parenting parenting, the community environment and the discipline of learning on learning outcomes. This research uses quantitative approach with hypotesis study research design. The population of this research is high school student of Bandungan sub-district of year 2016/2017 which amounted to 1,829. With a fault tolerance range of 5%, obtained sample size 328. Sampling technique using single stage cluster random sampling. Techniques of data collection using observation techniques, questionnaires and documentaries. Data analysis techniques used descriptive and inferential statistical analysis techniques. The results showed that parenting patterns give a direct influence significantly by 51% of student learning outcomes. Community environment gives a direct effect of 14% on student learning outcomes and discipline of learning gives a direct influence significantly as much as 47.7% of student learning outcomes.