Efektifitas Model Supervisi Akademik Online pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendapatkan gambaran tentang model supervisi akademik pengawas bagi guru SMK yang saat ini dilaksanakan; 2) mengembangkan desain model supervisi akademik secara online bagi guru SMK yang tepat untuk diterapkan; dan 3) menghasilkan model supervisi akademik secara online bagi pengawas yang praktis dan efektif. Supervisi akademik pengawas adalah pembinaan guru dengan cara memberikan bantuan atau layanan profesional supaya guru memiliki kompetensi dibidang tugasnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah pengawas dan guru SMK di Kabupaten Demak. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Model final supervisi akademik pengawas secara online pada guru SMK diperoleh dengan mendeskripsikan model faktual supervisi akademik yang selama ini dilakukan, menyusun desain model supervisi, melakukan validasi desain model supervisi, melakukan uji coba model supervisi, dan merumuskan model final supervisi akademik pengawas secara online.Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pengawas selama ini belum dapat dijadikan dasar pembinaan guru karena belum dapat dilaksanakan secara optimal oleh pengawas sekolah. Model supervisi akademik pengawas secara online praktis dan efektif sebagai sarana bantu pengawas sekolah dalam melakukan supervisi pembelajaran.
The purpose of this study is 1) to get an overview of supervisory supervision supervisor model for vocational teachers currently being implemented; 2) develop an online model of supervision model design for appropriate SMK teachers to apply; and 3) produce an online academic supervision model for practical and effective supervisors. Supervision of supervisor academic is guidance of teacher by giving assistance or professional service so that teacher have competence in their field of duty.This research uses research and development approach (R & D). The subject of this research is the supervisor and teacher of SMK in Demak Regency. Research data is analyzed quantitatively and qualitatively. The final model of online supervision supervision supervision of SMK teachers is obtained by describing the factual model of the academic supervision that has been done, preparing the supervision model design, validating the supervision model design, conducting the supervision model test, and formulating the final model of the supervisor supervision supervision online.The results showed that supervisor academic supervision has not been able to be used as the basis for teacher development because it can not be implemented optimally by school supervisors. The supervisory academic supervisory model is practical and effective as a school supervisor's tool in supervising learning.