Pengaruh Keefektifan Pembelajaran Pelatihan dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Balai Diklat Keagamaan Semarang
Abstract
Citra merupakan salah satu harta yang bernilai tinggi bagi suatu lembaga, sehingga penting untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi citra lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan pembelajaran selama pelatihan, kualitas layanan, dan kepuasan peserta terhadap citra Balai Diklat Keagamaan Semarang baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara langsung kepuasan peserta tidak dipengaruhi oleh keefektifan pembelajaran selama pelatihan, (2) terdapat pengaruh langsung kualitas layanan terhadap kepuasan peserta, (3) terdapat pengaruh langsung keefektifan pembelajaran selama pelatihan terhadap citra, (4) terdapat pengaruh langsung kualitas layanan terhadap citra, (5) terdapat pengaruh langsung kepuasan peserta terhadap citra, (6) tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung keefektifan pembelajaran selama pelatihan terhadap citra melalui kepuasan peserta dikarenakan hasil direct effect lebih besar daripada indirect effect, dan (7) tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung kualitas layanan terhadap citra melalui kepuasan peserta dikarenakan hasil direct effect lebih besar daripada indirect effect. Semakin tinggi keefektifan pembelajaran selama pelatihan dan kualitas layanan yang diberikan maka kepuasan yang dirasakan juga akan tinggi dan membentuk citra yang tinggi.
Image is one of the high value treasures for an institution, so it is important to know the factors that affect the image of the institution. This study aims to determine the effect of learning effectiveness during training, service quality, and participants' satisfaction on the image of Balai Diklat Keagamaan Semarang either directly or indirectly. This research uses a quantitative approach with causal design. The result of the research shows that (1) the participant's satisfaction is not directly influenced by the effectiveness of the learning during the training, (2) there is direct influence of the service quality to the participant's satisfaction, (3) there is a direct effect of learning effectiveness during the training on image, (6) there is no indirect influence of learning effectiveness during training on image through participant's satisfaction because result direct effect is greater than indirect effect, and (7) there is no indirect influence of service quality to image through participant's satisfaction because result of direct effect is bigger than indirect effect. The higher the effectiveness of learning during the training and the quality of service provided, the higher the perceived satisfaction and image form a high.