Pengelolaan Pembiayaan Menuju Kemandirian di PKBM Al Huda Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak

  • Tomi Hermawan UPK Guntur Lestari, Indonesia
  • Fakhruddin Fakhruddin Universitas Negeri semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembiayaan PKBM Al Huda secara mandiri; pelaksanaan pembiayaan PKBM Al Huda; sumber-sumber pembiayaan yang di kelola PKBM Al Huda; dan pengawasan pembiayaan PKBM Al Huda. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber : data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggnunakan model analisis interaktif. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam pengelolaan pembiayaan PKBM Al Huda agar lebih bisa merencanakan lebih matang sehingga dengan perencanaan yang matang PKBM Al Huda bisa memperkecil pengeluaran yang akan dilakukan dan untuk meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran PKBM Al Huda bisa mengajukan bantuan untuk perbaikan gedung dan sarana pembelajaran sehingga nantinya PKBM Al Huda akan semakin maju dan berkembang.

The purpose of this research is to describe and analyze the planning of PKBM Al Huda financing independently; implementation of PKBM Al Huda financing; sources of financing managed by PKBM Al Huda; and monitoring of PKBM Al Huda's financing. The research used qualitative method. Source: primary and secondary data. Observational data collection, interview and documentation. Data analysis uses an interactive analysis model. The conclusion of this research is in the management of PKBM Al Huda financing to be more able to plan more maturely so that with careful planning PKBM Al Huda can minimize expenditure to be done and to improve the comfort in learning process PKBM Al Huda can apply for the improvement of building and learning facilities so that later PKBM Al Huda will progress and develop.

Published
2018-04-12
How to Cite
Hermawan, T., Fakhruddin, F., & Suminar, T. (2018). Pengelolaan Pembiayaan Menuju Kemandirian di PKBM Al Huda Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Educational Management, 6(2), 133-140. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/22778
Section
Articles