Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal

  • Nadhirin Nadhirin Universitas Negeri semarang
  • Etty Soesilowati Universitas Negeri semarang
  • Cahyo Budi Utomo Universitas Negeri semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS), faktor pendukung dan penghambatnya serta mengetahui model MBS yang efektif di SMK Negeri 4 Kendal.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus SMK Negeri 4 Kendal sebagai informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan MPMBS diawali dengan proses interpretasi dan sosialisasi kebijakan kepada seluruh stakeholders pendidikan. Kebijakan MPMBS di SMK Negeri 4 Kendal tercapai sesuai tujuan kebijakan MPMBS yaitu meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan perubahan terhadap manajemen pendidikan dari pola lama ke pola MPMBS. Faktor pendukung efektifitas implementasi MPMBS meliputi telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh otonomi yang dimiliki sekolah, peran serta masyarakat, kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis transparan dan akuntabel, lingkungan sekolah yang kondusif serta dukungan anggaran dari pemerintah. Faktor penghambat meliputi masih rendahnya mutu guru sesuai standar pelayanan minimal pendidikan, keterbatasan sumber belajar dan media belajar serta hambatan birokrasi dalam pengelolaan keuangan sekolah.Saran yang diajukan: meningkatkan kualifikasi akademik guru yang belum sesuai dengan tuntutan program, serta Model MPMBS yang efektif adalah model manajemen yang demokratis, transparansi, dan komunikasi secara terbuka.

The purpose of this research is to know the implementation of school-based management policy (MBS), supporting factor and inhibiting of SBM policy and to know the effective MBS model at SMK N 4 Kendal.

The approach used in this research is qualitative approach with focus SMK Negeri 4 Kendal as an informant is principal, vice principal, school committee and teacher. Data collection is done through in-depth interviews, observation, and documentation. Data were analyzed by using interactive model.The results showed that MPMBS ( Improvement quality based of management school ) policy begins interpretation process and socialization of policy to all education stakeholders. MPMBS policy implementation in SMK Negeri 4 Kendal achieved in accordance with the objectives of MPMBS policy that is to improve the quality of education by making changes to the management of education from the old pattern to the MPMBS pattern. Factors supporting the effectiveness of MPMBS implementation include having been implemented with genuine autonomy owned by schools, community participation, transparent and accountable headmaster leadership, a conducive school environment and budget support from the government. Inhibiting factors include the low quality of teachers according to minimum service standards of education, limited learning resources and learning media and bureaucratic obstacles in school financial management.Suggested suggestions: improve teacher academic qualifications that are not in line with program demands, effective MPMBS model is a democratic management model, transparency, and open communication.

Published
2018-04-12
How to Cite
Nadhirin, N., Soesilowati, E., & Budi Utomo, C. (2018). Implementasi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di Smk Negeri 4 Kendal. Educational Management, 6(2), 155-162. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/22781
Section
Articles